Cek Kesuburan Dengan Tes HSG

Histerosalpingografi (HSG) adalah pemeriksaan dengan menggunakan sinar Rontgen (sinar-X) untuk melihat kondisi rahim dan daerah di sekitarnya. Pemeriksaan ini umumnya dilakukan pada wanita yang memiliki masalah infertilitas atau pada wanita yang sering keguguran.

Prosedur pemeriksaan HSG antara lain :
1.Pemeriksaan ini dapat dilakukan hari ke 9 – 11 dari menstruasi pertama. Jika saat mens pertama pasien dapat menghubungi petugas radiologi RS Anugerah Pekalongan. Petugas akan menghubungkan pasien ke dokter radiologi agar dapat dijadwalkan untuk pemeriksaan HSG.
2.Tidak boleh berhubungan suami istri terlebih dahulu sejak mendaftar sampai pemeriksaan dilaksanakan.

Prosedur pemeriksaan histerosalpingografi (HSG) dianjurkan pada pasien yang mengalami:
1.Infertilitas. Kondisi ini dapat disebabkan oleh penyumbatan pada saluran telur, jaringan parut pada rahim, bentuk rahim yang tidak normal, serta tumor atau polip rahim.
2.Penyumbatan tuba fallopi, misalnya akibat infeksi atau pemasangan implan tuba (salah satu metode kontrasepsi non-operasi yang bersifat permanen.
3.Masalah lain pada rahim, seperti bentuk yang tidak normal, cedera, adanya benda asing dalam rahim, fibroid, dan polip pada rahim. Masalah-masalah tersebut dapat menyebabkan keguguran berulang atau menstruasi yang menyakitkan.

Selain itu, HSG juga bisa dilakukan oleh dokter untuk memastikan apakah operasi pelepasan ligasi tuba (tubektomi) pada wanita yang ingin memiliki anak kembali, berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.